9 Tips Belajar Efektif Menghadapi UNBK

9 Tips Belajar Efektif Menghadapi UNBK - Belajar yang efektif adalah proses belajar yang berhasil mencapai tujuan proses nya melibatkan pikiran, perasaan, dan perbuatan secara menyatu sehingga mampu memberikan pemahaman, mengasah kecerdasan ,meningkatkan kualitas teori dan praktik, serta membentuk karakter positif. Lebih jauh lagi hasil belajar tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan sehari – hari sehingga mampu mewujudkan sumber saya manusia yang unggul.
9 Tips Belajar Efektif Menghadapai UNBK
9 Tips Belajar Efektif Menghadapi UNBK
Masuk di Madrasah/Sekolah baru, naik kelas atau naik jenjang bagi sebagaian peserta didik menjad suatu yang menyenangkan dan mernantang. Naumun, disebagian yang lain masih diahantui paradigma “naik kelas atau naik jenjang beraerti materinya semakin sulit” Paradigma atau pandangan negative itu harus dihilangkan karena tidak ada manfaatnya sama sekali. Toh akhirnya kelas atau jenjang yang lebih tinggi itu akan tetap dilalui kan ?

Nah, dalam memasuki tahun pelajaran baru di sekolah baru, dikelas atau jenjang yang lebih tinggi sebaiknya kitra netralkan semuanya. Setelah itu semuanya berniat sambil berdoa semoga kita semua dilimpahi rahmat dan pertolongan oleh Allah SWT. Kita mesti sadar bahwa sebagai pelajar tugas utamanya ya belajar dalam rangka menempa diri menyongsong masa depan. Bonusnya  adalah bertemu dengan teman – teman yang ternyata mengalami proses yang sama dengan kita. Bercanda, bermain, dan aktivitas positif laqinnya bisa menjadu variasi kegiatan yang menyegarkan piker sdan rasa kita.

Sekedar untuk menyegarkan dan memberi pilihan alternatif dalam belajar, berikut ini ada contoh cara – cara atau tips belajar efektif yang bisa diterapkan. Sembilan cara silahkan di terapkan.


1. Niat dengan sungguh – sungguh


Niat -9 Tips Belajar Efektif Menghadapi UNBK

Kalau belajar yang tidak sungguh – sungguh ataupun  tidak niat , yang ada malah pikiran melayang kemana – mana. Entah itu tentang makanan, games lawan jenis, dan sebagainya. Oleh sebab itu, belajar yang baik dimulai dengan niat yang sungguh – sungguh.


2. Belajar kelompok


Belajar Kelompok - 9 Tips Belajar Efektif Menghadapai UNBK
Belajar kelompok dapat menjadikegiatan belajar yang lebih menyenangkan karena ditemani oleh teman dan berada di rumah sendiri sehingga dapat lebih santai. Namun sebaiknya tetap didampingi orang dewasa seperti kakak  paman ,bibi atau orang  tua agar belajar tidak berubah menjadi bermain .belajar kelompok ada baiknya mengajak teman yang pandai dan rajin belajar agar yang tidak pandai jadi ketularan pintar.dalam belajar kelompok kegiatannya adalah membahas pelajaran yang  belum dipahami oleh semua atau sebagian kelompok belajar baik yang sudah dijelaskan guru maupun belum dijelaskan guru.


3. Rajin membuat catatan intisari pelajaran   


Rajin - 9 Tips Belajar Efektif Menghadapi UNBK
Bagian - bagian penting dari pelajaran sebaiknya dibuatcatatan binder mungil atau buku kecil yang dapat dibawa kemana - mana sehingga dapat dibaca di mana pun kita berada.Namun catatan tersebut jangan dijadikan media  mencontek karena dapat merugikan kita sendiri. 



4. Membuat perencanaan yang baik 


Rencana 9 Tips Belajar Efektif Menghadapi UNBK
Untuk mencapai suatu tujuan biasanya diiringi oleh rencana yang baik. Oleh karena itu ada baiknya kita membuat rencana belajar dan rencana pencapaian untuk mengetahui apakah kegiatan belajar yang kita lakukan telah maksimal  atau perlu ditingkatkan. Sesuaikan target pencapaian dengan kemampuan yang kita miliki. Buat rencana belajar yang diprioritaskan pada mata pelajaran yang lemah. buatlah jadwal yang baik.


5. Disiplin dalam belajar 


9 Tips Belajar Efektif Menghadapi UNBK
Apabila kita telah membuat jadwal belajar maka harus dijalankan dengan baik . Contohnya seperti belajar tepat waktu dan serius. Tidak sambil main -main . Konsentrasi penuh.singkirkan sementara HP, TV, dan lainnya. Jika waktu makan , mandi, ibadah, dan sebagainya telah tiba maka jangan ditunda-tunda lagi. Lanjutkan belajar setelah melakukan kegiatan tersebut jika waktu belajar belum usai. Bermain dengan teman atau game dapat merusak konsentrasi belajar. Sebaiknya kegiatan bermain juga dijadwalkan dengan waktu yang cukup panjang namun tidak melelahkan jika dilakukan sebelum waktu belajar.  Jika bermain video game sebaiknya pilih video game yang mendidik dan tidak menimbulkan rasa penasaran yang tinggi ataupun rasa kelelahan yang tinggi jika kalah.


6. Menjadi Aktif Bertanya dan Ditanya


9 Tips Belajar Efektif Menghadapi UNBK
Jika ada hal yang belum jelas, maka tanyakn kepada guru, teman atau orang tua. Jika kita bertanya biasanya kita akan ingat jawabannya. Jika bertanya bertanyalah secukupnya dan jangan bersifat menguji orang yang kita tanya. Tawarkanlah kepada teman untuk bertanya kepada kita hal – hal yang belum dia pahami. Semakin ditanya maka kita dapat semakin ingat dengan jawaban yang benar, maka kita dapat membahasnya Bersama – sama dengan teman.



7. Belajar Fokus, Serius, dan Tekun


9 Tips Belajar Efektif Menghadapi UNBK
Ketika belajar dikelas dengarkan dan catat apa yang dijelaskan. Fokus dan konsetrasi. Tetapi tetap dalam kondisi rileks, bukan tegang, agar materi bisa kamu simak dan cerna. Catat yang penting karena bisa saja hal tersebut tidak ada di buku dan nanti akan keluar saat ulangan atau ujian. Ketika waktu luang baca kembali catatan yang telah dibuat tadi dan hafalkan sambil dimengerti. Jika kita sudah merasa mantap dengan suatu pelajaran maka ujilah diri sendiri dengan soal – soal. Setelah soal dikerjakan periksa jawaban dengan kunci jawaban. Pelajari kembali soal – soal yang salah dijawab.


8. Hindari Belajar Berlebihan


9 Tips Belajar Efektif Menghadapi UNBK
Jika waktu ujian atau ulangan sudah dekat biasanya kita akan panik jika belum siap. Jalan pintas yang sering dilakukan oleh belajar yang belum siap adalah belajar hingga larut malam/begadang atau membuat contekan. Sebaiknya ketika akan ujian tetap tidur tepat waktu karena jika bergadang semalaman akan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan, terutama bagi anak – anak.


9. Jujur dalam Mengerjakan Tugas, Ulangan dan Ujian


9 Tips Belajar Efektif Menghadapi UNBK
Hindari menjiplak atau mencontek ketiak sedang mengerjakan tugas, ulangan atau ujian. Mencontek dapat membuat sifat kita curang dan pembohong. Kebohongan bagaimanapun juga tidak dapat ditutup – tutupi terus – menerus dan cenderung untuk melakukan kebohongan selanjutnya untuk menutupi kebohongan selanjutnya. Anggaplah dengan mencontek pasti akan ketahuan guru dan memiliki potensi masa depan sebagai penjahat apabila kita melakukan kecurangan. Kalau  mencontek, kamu bisa bodoh karena tidak berpikir sendiri. Lagipula teman yang kamu contek itu belum tentu benar jawabannya. Apalagi kalau ketahuan guru dan teman, malu kan ?

Terakhir, jangan lupa untuk mohon bimbingan Allah SWT. Dengan banyak ibadah, berdzikir, dan berdoa’a. 

Itulah Sembilan tips  belajar efektif yang sangat cocok dilakukan bagi pelajar. Apalagi jika pola ini sudah ditanamkan dari waktu kecil dan dilakukan secara kontinyu pastinya akan membuahkan hasil yang membanggakan. Karena proses tidak akan menghianati hasil. Semua akan terjadi jika Allah Menghendaki dan Allah tidak akan membiarkan hambanya yang senantiasa berusaha dan memohon doa kepadanya.

Semoga dengan tips ini bisa mendongkrak motivasi belajar pelajar di Indonesia  terutama bagi Madrasah di seluruh Indonesia. Dan membawa nama madrasah mejadi lebih baik. Terima Kasih atas waktunya menyempatkan mampir di blog kami dan akhir  kata kami mengucapakn banyak terima kasih, kami harap tips ini dapat kalian bagikan kepada teman – teman di media sosial.

Labels: , ,